KESULITAN BELAJAR
Oleh : Yuni Lestari, SPd
HAL YANG WAJAR YANG BIASA DAN BISA TERJADI DAN BISA DIALAMI OLEH SEMUA SISWA, TETAPI JIKA DIBIARKAN AKAN MENJADIKAN SISWA TERSEBUT TIDAK NAIK KELAS
TANDA-TANDA
• NILAI DI BAWAH KKM (NILAI MINIMAL YANG HARUS DICAPAI OLEH SISWA, SETIAP SEKOLAH DAN SETIAP MATA PELAJARAN TIDAK SAMA)
• NILAI MATI
• LAMBAT MENGUMPULKAN TUGAS BAHKAN TIDAK MENGUMPULKAN TUGAS
• SERING MELAKUKAN HAL-HAL NEGATIF TANPA ALASAN YANG JELAS (MISALNYA TERLAMBAT, TIDAK SERAGAM, TIDAK MENGERJAKAN PR DLL)
AKIBAT YANG DAPAT TERJADI JIKA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR DIBIARKAN
• 1. NILAI YANG DICAPAI RENDAH
• 2.PERINGKAT DIBAWAH
• 3. RATA-RATA NILAINYA RENDAH (BISA DI BAWAH KKM)
• 4. HARUS SERING REMIDI
• 5. NAIK SEKEDAR NAIK
• 6. MINDER, FRUSTASI, TERTUTUP
• 7. DROU OUT
• 8. KESULITAN MELANJUTKAN SEKOLAH
PENYEBAB KESULITAN BELAJAR :
LUAR
• LINGKUNGAN : Orang Tua, Teman sekolah, Teman Bermain
• SEKOLAH YANG TERLALU LUNAK DALAM PERATURAN/ DISIPLIN KAKU
DALAM
KEPRIBADIAN SISWA YANG KURANG BAIK (MALES, SEMANGAT BELAJAR RENDAH, MUDAH KENA PENGARUH NEGATIF)
CARA MENANGANI KESULITAN BELAJAR YANG DIALAMI SISWA (SECARA GLOBAL, MELIHAT PENYEBABNYA)
• MOTIVASI DARI SEMUA PIHAK (ORANG TUA, GURU MATA PELAJARAN, WALI KELAS, GURU BK, TEMAN)
• PENGAWASAN DARI SEMUA PIHAK (ORANG TUA, GURU MATA PELAJARAN, WALI KELAS, GURU BK, TEMAN)-------WASKAT
• KONTROL DARI PIHAK TERKAIT
• KOORDINASI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar